No.
|
Kegiatan
|
Uraian
|
Sasaran
|
Tujuan
|
Waktu
|
Dana
|
Keterangan
|
1.
|
Persiapan
|
- Penyusunan Personil BK
|
GP
|
Agar
masing – masing personil mendapat tugas dalam melaksanakan Bimbingan dan
Konseling secara merata
|
Juli
|
||
-
Konsultasi Program
|
Kepala
Sekolah
|
Mengkonsultasikan program BK agar
ada kesesuaian dengan program sekolah, saling menunjang dan terpenuhinya
fasilitas ruang BK / administrasi BK
|
Juli
|
||||
-
Penyusunan Program
|
Agar pelaksanaan pelayanan
Bimbingan dan Konseling dapat terlaksana dengan baik, dapat dievaluasi dan
ditindaklanjuti
|
Juli
|
|||||
-
Sarana dan Prasarana
|
Kepala
Sekolah
|
||||||
a. Ruang BK
|
Tertatanya ruang BK yang sesuai
dengan kebutuhan dan kondisi sekolah
|
Juli / Agustus
|
|||||
b.Meja / Kursi kerja
|
Agar Guru Pembimbing dapat bekerja
dengan baik
|
||||||
c. Lemari
kayu
|
Penyimpanan arsip – arsip BK dan
administrasi guru pembimbing
|
||||||
d.Lemari format
|
Agar penyimpanan format – format
yang diperlukan BK tersedia / tersimpan dengan baik
|
||||||
e. File
|
Penyimpanan data agar tersimpan
dengan baik
|
||||||
f. Map
Gantung
|
Untuk menyimpan seluruh data
pribadi suswa yang diperoleh melalui format – format yang sudah ada atau
informasi akademik lainnya
|
||||||
g. Format –
format
|
Untuk memudahkan pelaksanaan
pelayanan bimbingan dan konseling dan menghimpun data dengan cepat
|
||||||
h.Buku – buku tentang BK
|
Untuk meningkatkan kemampuan dan
keterampilan guru pembimbing
|
||||||
i. Gordyn +
taplak meja + kipas angin
|
Agar menambah gairah bekerja
|
||||||
j. Perlengkapan
inventarisasi dan visualisasi data
|
Agar memudahkan melayani konseling
dan permintaan laporan / hasil baik oleh staf sekolah, orang tua dan instansi
terkait.
|
||||||
No.
|
Kegiatan
|
Uraian
|
Sasaran
|
Tujuan
|
Waktu
|
Dana
|
Keterangan
|
2.
|
Pelaksanaan
Layanan
a.
Layanan
|
-
Orientasi Kepada siswa kelas 1 dan siswa pindahan
meliputi :
|
Siswa
kelas X
|
Agar siswa lebih mudah
menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru, sehingga tercipta minat
belajar yang tinggi.
|
|||
Orientasi
|
- Program BK
|
||||||
- Kurikulum SMA
|
|||||||
- Kegiatan Ekstra Kurikuler
|
|||||||
- Tata tertib
|
|||||||
- Lingkungan Sekolah
|
|||||||
-
Orientasi Kepada siswa kelas 1, 2 dan 3 meliputi :
hak dan kewajiban siswa
|
Siswa
kelas X,XI, XII
|
Terciptanya kondisi belajar yang
optimal, dengan adanya kemampuan siswa menyesuaikan diri dengan sekolah
sebagai pusat belajar.
|
Juli / Agustus
|
||||
b.
Layanan Informasi
|
-
Informasi Kehidupan Beragama.
|
Kelas X,
XI
|
Memberikan pemahaman kepada siswa
tentang keagamaan agar meningkatkan iman dan taqwa.
|
Oktober / Desember
|
|||
-
Informasi Hidup Sehat
|
Kelas X
|
Memberikan pemahaman tentang hidup
sehat, sehingga siswa dapat merencanakan dan melaksanakan hidup sehat
|
Agustus
|
||||
-
Informasi pertumbuhan dan perkembangan remaja
|
Kelas XI
|
Agar siswa memahami pertumbuhan
dan perkembangan remaja serta memahami tugas – tugas perkembangan
|
Agustus / September
|
||||
-
Informasi Tatatertib Sekolah
|
Kelas X,
XI, XII
|
Siswa diharapkan dapat mengikuti
tatatertib dengan sukarela.
|
Agustus
|
||||
-
Informasi Tatatertib Sekolah dan sekitarnya
|
Kelas X,
XI
|
Siswa memahami lingkungannya dan
dapat memanfaatkannya untuk kepentingan masa depannya / menghindari ha
negatif.
|
|||||
-
Informasi Kehidupan Sosial dan budaya
|
Kelas X,XI,
XII
|
Siswa memahami arti kehidupan
sosial, pegaulan dan pentingnya hidup berbudaya
|
Desember / Januari
|
||||
-
Informasi cara belajar yang selektif dalam mencapai
prestasi yang optimal
|
Kelas X,XI,
XII
|
Diharapkan siswa dapat menggunakan
strategi belajar yang efektif, sehingga memperoleh hasil yang optimal.
|
November / Desember
|
||||
-
Informasi pendidikan di SMA Penjurusan dan studi
lanjut di Perguruan Tinggi
|
Kelas X,XI,
XII
|
Siswa memahami kurikulum SMA
program studi dan studi lanjut yang perlu direncanakan demi masa depan dan
cita – citanya.
|
Agustus s.d Mei
|
||||
-
Informasi Dunia Kerja
|
Kelas XII
|
Memberikan wawasan tentang dunia
kerja yang ada, agar siwa dapat menentukan pilihan untuk kariernya kelak.
|
Agustus s.d Mei
|
||||
No.
|
Kegiatan
|
Uraian
|
Sasaran
|
Tujuan
|
Waktu
|
Dana
|
Keterangan
|
c.
Layanan Penempatan dan penyaluran
|
-
Penempatan siswa dalam kelas.
-
Penempatan dan
|
Kelas X,XI, XII
|
Menempatkan siswa dalam kelas
Memberikan wawasan tentang cara –
cara
|
Juli
September
|
|||
pengelompokan
siswa dalam kelompok belajar.
|
Kelas X,XI, XII
|
membentuk kelompok belajar
dinamis.
|
|||||
-
Penempatan dan pemilihan kegiatan ekstra kurikuler
|
Kelas 1
|
Membantu siswa agar dapat memilih
salah satu program ekstra kurikuler yang sesuai
|
Agustus
dst
|
||||
-
Penyaluran bakat dan minat
|
Kelas 1,2
|
Membantu siswa untuk mengembangkan
bakat dan minatnya
|
Agustus
dst
|
||||
-
Penempatan dalam program studi
|
Kelas 2
|
Membantu siswa dalam pemilihan
program studi agar sesuai dengan pribadinya
|
Mei
|
||||
d.
Layanan Pembelajaran
|
-
Pengenalan masalah belajar yang dihadapi siswa
|
Kelas X,XI, XII
|
Agar dapat memberikan pelayanan
yang memadai bagi siswa yang bermasalah dalam belajar
|
September
dst
|
|||
-
Peningkatan keterampilan teknik belajar
|
Kelas X,XI, XII
|
Agar prestasi siswa meningkat
dengan baik
|
Setiap
saat
|
||||
-
Pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik
|
Kelas X,XI, XII
|
Siswa memiliki etos belajar,
disiplin dan pemanfaatan waktu luang.
|
Februari /
Maret
|
||||
-
Program belajar tambahan / pengayaan
|
Kelas X,XI, XII
|
Agar siswa memiliki budaya butuh
ilmu, sehingga meningkatkan wawasan dan prestasi
|
Setiap
saat
|
||||
e.
Layanan Konseling Perorangan
|
-
Memberikan layanan secara perorangan, langsung
bertatap muka guna mengentaskan masalah yang dihadapi siswa, dibidang :
|
Kelas X,XI, XII
|
Membantu mengentaskan masalah yang
dihadapi siswa secara perorangan
|
Sesuai
kebutuhan
|
|||
Ø
Pribadi
|
|||||||
Ø
Sosial
|
|||||||
Ø
Belajar
|
|||||||
Ø
Karier
|
|||||||
f.
Layanan Bimbingan kelompok
|
-
Membimbing siswa dalam kelompok kecil sebagai upaya
untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang masalahnya yang bersifat umum
dengan memanfaatkan dinamika kelompok. Materi yang dibahas dihimpun anggota
kelompok dan disepakati untuk menentukan prioritas. Materi dimaksud meliputi
:
|
Kelas X,XI, XII
|
Memberikan
pemahaman kepada siswa agar siswa dapat membantu menjadi mandiri
|
Sesuai kebutuhan
|
|||
No.
|
Kegiatan
|
Uraian
|
Sasaran
|
Tujuan
|
Waktu
|
Dana
|
Keterangan
|
Ø
Bidang Pribadi
|
|||||||
Ø
Bidang Sosial
|
|||||||
Ø
Bidang Belajar
|
|||||||
Ø
Bidang Karier
|
|||||||
g.
Layanan Konseling
Kelompok
|
-
Memberikan layanan kepada individu melalui kelompok
|
Kelas X,XI, XII
|
Membantu
mengentaskan masalah yang dialami siswa melalui dinamika kelompok.
|
Sesuai kebutuhan
|
|||
-
Masalah yang dibahas adalah masalah – masalah pribadi
yang berkaitan dengan :
|
|||||||
Ø
Bidang Pribadi
|
|||||||
Ø
Bidang sosial
|
|||||||
Ø
Bidang Belajar
|
|||||||
Ø
Bidang Karier
|
|||||||
3.
|
Kegiatan pendukung
a. Aplikasi
Instrumentasi
|
-
Tes
Ø
Kecerdasan
Ø
Bakat
Ø
Minat
|
Kelas X, XI
|
Mengetahui
dan memahami kecerdasan, bakat, minat serta kepribadian siswa sebagai bahan
pertimbangan membantu masalah siswa dan mengoptimalkan belajar siswa.
|
Oktober / November
|
||
Ø
Kepribadian
|
|||||||
-
Non Tes
Ø
Mengisi Buku Pribadi
|
Kelas X,XI, XII
|
Melengkapi
data dan informasi yang diperlukan dalam rangka melayani siswa
|
Juli dst
|
||||
Ø
Pedoman Observasi
|
|||||||
Ø
Catatan Anekdot
|
|||||||
Ø
Pedoman wawancara
|
|||||||
Ø
Angket Type Kepribadian
|
|||||||
b. Himpunan Data
|
-
Data Pribadi :
Ø
Absensi kehadiran
Ø
Prestasi :
|
Kelas X,XI, XII
|
Menghimpun
seluruh data yang diperoleh agar memudahkan pelaksanaan pelayanan terhadap
siswa
|
Juli dst
|
|||
-
Akademik
|
|||||||
-
Non akademik
|
|||||||
Ø
Hasil wawancara
|
|||||||
Ø
Hasil Observasi
|
|||||||
Ø
Tes Psikologi
|
|||||||
Ø
Hasil Angket
|
|||||||
No.
|
Kegiatan
|
Uraian
|
Sasaran
|
Tujuan
|
Waktu
|
Dana
|
Keterangan
|
Ø
Catatan Anekdot
|
|||||||
Ø
Hasil DCM / AUM
|
|||||||
Ø
Status Konseling / Lbr Konseling
|
|||||||
Ø
Data Keluarga
|
|||||||
Ø
NEM
|
|||||||
c. Kunjungan Rumah
|
Melaksanakan
kunjungan ke rumah siswa untuk melengkapi data / informasi yang dibutuhkan
dari berbagai pihak di rumah / lingkungan sebagai crossing data.
|
Kelas X,XI, XII
|
Memperoleh
sejumlah data dan informasi yang berhubungan dengan masalah keluarga dan
lingkungan tempat tinggal serta teman bergaul, agar lebih memahami siswa
|
Sesuai dengan kebutuhan
|
|||
d. Konferensi Kasus
|
Mengadakan pertemuan dengan fihak – fihak terkait
dalam rangka memperoleh data / informasi yang diperlukan, terutama data yang
berhubungan dengan keluarga dan kegiatan siswa yang akan dijadikan bahan
pertimbangan mengatasi masalahnya.
|
Kelas X,XI, XII
|
- Mendapatkan konsensus dari
pihak terkait / ahli dalam menafsirkan data yang cukup komprehensif dan pelik
yang menyangkut diri siswa.
- Menetapkan cara terbaik
dalam menangani kasus.
- Sebagai kegiatan awal
dalam penetapan melaksanakan rujuan.
- Kerjasama dengan berbagai
pihak dalam penanganan siswa.
|
Sesuai kebutuhan
|
|||
e. Alih Tangan Kasus
|
Melimpahkan penanganan siswa kepada pihak lain
yang diperkirakan memiliki kemampuan yang relevan dengan permasalahan yang
dihadapi siswa. Pelimpahan dapat dilakukan kepada :
|
Kelas X,XI, XII
|
Mendapatkan
bantuan dari pihak lain dalam menangani kasus siswa
|
Sesuai kebutuhan
|
|||
Ø
Semua Guru Pembimbing
|
|||||||
Ø
Guru Bidang Studi
|
|||||||
Ø
Wali Kelas
|
|||||||
Ø
Wakil Kepala Sekolah
|
|||||||
Ø
Kepala Sekolah
|
|||||||
No.
|
Kegiatan
|
Uraian
|
Sasaran
|
Tujuan
|
Waktu
|
Dana
|
Keterangan
|
Ø
Psikolog
|
|||||||
Ø
Psikiater
|
|||||||
Ø
Dokter
|
|||||||
Ø
RSKO
|
|||||||
Ø
Dll
|
|||||||
4.
|
Pengembangan
a. Sistem dan Program
|
Mengembangkan program BK yang lebih sesuai dengan
kebutuhan sekolah dan salingh menunjang dengan program secara keseluruhan
|
Program BK
|
Meningkatkan
pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah sehingga dapat membantu
menciptakan suasana yang aman dan nyaman
|
April s.d Juni
|
||
b. Pembinaan dan Pengembangan
personil
|
- Pertemuan staf BK untuk
membahas materi dan keterampilan BK yang perlu dikuasai oleh guru pembimbing
|
GP
|
Meningkatkan
ketrampilan guru pembimbing agar mampu melaksanakan bimbingan dan konseling
di sekolah dengan terampil
|
Sesuai program
|
|||
- Mengundang nara sumber
|
|||||||
- Mengikuti penataran dan
pelatihan BK yang diadakan oleh Depdikbud dan pertemuan MGP
|
|||||||
c. Pengembangan Sarana
|
Melengkapi sarana – sarana yang belum ada secara
prioritas
|
Sarana
|
Menjamin
kerahasiaan data siswa, meningkatkan gairah kerja dan mempermudah penggunaan
data.
|
Sesuai kebutuhan
|
|||
5.
|
Kerjasama Dengan
|
- Lembaga Psikologi
|
- Membantu mengungkapkan
data psikologi
|
Sesuai jadwal
|
|||
Instansi Terkait
|
- Perguruan Tinggi
|
- Mendapatkan data tentang
PT
|
/ kebutuhan
|
||||
- RSKO
|
- Membantu siswa yang
terkena NAZA
|
||||||
- Lembaga Pemerintah Swasta
|
- Memperoleh informasi
tentang dunia kerja secara langsung dan melihat langsung karakteristik
pekerjaan
|
||||||
6.
|
Evaluasi
|
1. Evaluasi Program
|
Mengetahui
kekurangan dan kelebihan program yang disusun.
|
Sesuai kebutuhan
|
|||
2. Evaluasi pelaksanaan
program
|
Mengetahui
hambatan – hambatan dalam melaksanakan BK
|
||||||
3. Evaluasi Hasil
|
Mengetahui
keberhasilan program BK
|
||||||
No.
|
Kegiatan
|
Uraian
|
Sasaran
|
Tujuan
|
Waktu
|
Dana
|
Keterangan
|
7.
|
Analisis
|
1. Analisis Program
|
Menganalisis
kekurangan dan kelebihan program BK
|
||||
2. Analisis Pelaksanaan
Progam
|
Menganalisis
pelaksanaan program BK
|
Sesuai
jadwal / kebutuhan
|
|||||
3. Analisis Hasil
|
Menganalisis
keberhasilan program BK
|
||||||
8.
|
Laporan
|
1. Bulanan
|
Kepala
sekolah / koordinator mengetahui kegiatan dalam kurun satu bulan
|
Setiap
akhir bulan
|
|||
2. Semesteran
|
Kepala
sekolah / koordinator mengetahui kegiatan dalam kurun satu semester
|
Setiap
akhir semester
|
|||||
3. Tahunan
|
Kepala
sekolah / koordinator mengetahui kegiatan dalam kurun satu tahun
|
Setiap
akhir tahun pel. (Juni s.d Juni)
|
|||||
9.
|
Tindak lanjut
|
Menindaklanjuti
hasil analisis
|
Agar
pelayanan yang diberikan dapat dituntaskan dan memperoleh hasil yang baik
sesuai dengan harapan.
|
Jumat, 13 Januari 2012
CONTOH URAIAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
The Wynn Las Vegas Casino - JT Hub
BalasHapusA Las 인천광역 출장안마 Vegas Strip luxury hotel and 경기도 출장샵 casino, The 진주 출장샵 Wynn Las Vegas is a high-rise building in Las 보령 출장샵 Vegas, Nevada, 여주 출장마사지 U.S.A.. View a detailed profile of the structure