Jumat, 13 Januari 2012

CONTOH URAIAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING



No.
Kegiatan
Uraian
Sasaran
Tujuan
Waktu
Dana
Keterangan
1.
Persiapan
-  Penyusunan Personil BK
GP
Agar masing – masing personil mendapat tugas dalam melaksanakan Bimbingan dan Konseling secara merata
Juli




-  Konsultasi Program
Kepala Sekolah
Mengkonsultasikan program BK agar ada kesesuaian dengan program sekolah, saling menunjang dan terpenuhinya fasilitas ruang BK / administrasi BK
Juli




-  Penyusunan Program

Agar pelaksanaan pelayanan Bimbingan dan Konseling dapat terlaksana dengan baik, dapat dievaluasi dan ditindaklanjuti
Juli




-  Sarana dan Prasarana
Kepala Sekolah






a. Ruang BK

Tertatanya ruang BK yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sekolah
Juli / Agustus




b.Meja / Kursi kerja

Agar Guru Pembimbing dapat bekerja dengan baik





c. Lemari kayu

Penyimpanan arsip – arsip BK dan administrasi guru pembimbing





d.Lemari format

Agar penyimpanan format – format yang diperlukan BK tersedia / tersimpan dengan baik





e. File

Penyimpanan data agar tersimpan dengan baik





f. Map Gantung

Untuk menyimpan seluruh data pribadi suswa yang diperoleh melalui format – format yang sudah ada atau informasi akademik lainnya





g. Format – format

Untuk memudahkan pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling dan menghimpun data dengan cepat





h.Buku – buku tentang BK

Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru pembimbing





i.  Gordyn + taplak meja + kipas angin

Agar menambah gairah bekerja





j.  Perlengkapan inventarisasi dan visualisasi data

Agar memudahkan melayani konseling dan permintaan laporan / hasil baik oleh staf sekolah, orang tua dan instansi terkait.



No.
Kegiatan
Uraian
Sasaran
Tujuan
Waktu
Dana
Keterangan
2.
Pelaksanaan Layanan
a.    Layanan
-  Orientasi Kepada siswa kelas 1 dan siswa pindahan meliputi :
Siswa kelas X
Agar siswa lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru, sehingga tercipta minat belajar yang tinggi.




Orientasi
- Program BK







- Kurikulum SMA







- Kegiatan Ekstra Kurikuler







- Tata tertib







- Lingkungan Sekolah







-  Orientasi Kepada siswa kelas 1, 2 dan 3 meliputi : hak dan kewajiban siswa
Siswa kelas X,XI, XII
Terciptanya kondisi belajar yang optimal, dengan adanya kemampuan siswa menyesuaikan diri dengan sekolah sebagai pusat belajar.
Juli / Agustus



b.   Layanan Informasi
-  Informasi Kehidupan Beragama.
Kelas X, XI
Memberikan pemahaman kepada siswa tentang keagamaan agar meningkatkan iman dan taqwa.
Oktober / Desember




-  Informasi Hidup Sehat
Kelas X
Memberikan pemahaman tentang hidup sehat, sehingga siswa dapat merencanakan dan melaksanakan hidup sehat
Agustus




-  Informasi pertumbuhan dan perkembangan remaja
Kelas XI
Agar siswa memahami pertumbuhan dan perkembangan remaja serta memahami tugas – tugas perkembangan
Agustus / September




-  Informasi Tatatertib Sekolah
Kelas X, XI, XII
Siswa diharapkan dapat mengikuti tatatertib dengan sukarela.
Agustus




-  Informasi Tatatertib Sekolah dan sekitarnya
Kelas X, XI
Siswa memahami lingkungannya dan dapat memanfaatkannya untuk kepentingan masa depannya / menghindari ha negatif.





-  Informasi Kehidupan Sosial dan budaya
Kelas X,XI, XII
Siswa memahami arti kehidupan sosial, pegaulan dan pentingnya hidup berbudaya
 Desember / Januari




-  Informasi cara belajar yang selektif dalam mencapai prestasi yang optimal
Kelas X,XI, XII
Diharapkan siswa dapat menggunakan strategi belajar yang efektif, sehingga memperoleh hasil yang optimal.
November / Desember




-  Informasi pendidikan di SMA Penjurusan dan studi lanjut di Perguruan Tinggi
Kelas X,XI, XII
Siswa memahami kurikulum SMA program studi dan studi lanjut yang perlu direncanakan demi masa depan dan cita – citanya.
Agustus s.d Mei




-  Informasi Dunia Kerja
Kelas XII
Memberikan wawasan tentang dunia kerja yang ada, agar siwa dapat menentukan pilihan untuk kariernya kelak.
Agustus s.d Mei


No.
Kegiatan
Uraian
Sasaran
Tujuan
Waktu
Dana
Keterangan

c.    Layanan Penempatan dan penyaluran
-  Penempatan siswa dalam kelas.
-  Penempatan dan
Kelas X,XI, XII
Menempatkan siswa dalam kelas

Memberikan wawasan tentang cara – cara
Juli

September




pengelompokan siswa dalam kelompok belajar.
Kelas X,XI, XII
membentuk kelompok belajar dinamis.





-  Penempatan dan pemilihan kegiatan ekstra kurikuler
Kelas 1
Membantu siswa agar dapat memilih salah satu program ekstra kurikuler yang sesuai
Agustus dst




-  Penyaluran bakat dan minat
Kelas 1,2
Membantu siswa untuk mengembangkan bakat dan minatnya
Agustus dst




-  Penempatan dalam program studi
Kelas 2
Membantu siswa dalam pemilihan program studi agar sesuai dengan pribadinya
Mei



d.    Layanan Pembelajaran
-  Pengenalan masalah belajar yang dihadapi siswa
Kelas X,XI, XII
Agar dapat memberikan pelayanan yang memadai bagi siswa yang bermasalah dalam belajar
September dst




-  Peningkatan keterampilan teknik belajar
Kelas X,XI, XII
Agar prestasi siswa meningkat dengan baik
Setiap saat




-  Pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik
Kelas X,XI, XII
Siswa memiliki etos belajar, disiplin dan pemanfaatan waktu luang.
Februari / Maret




-  Program belajar tambahan / pengayaan
Kelas X,XI, XII
Agar siswa memiliki budaya butuh ilmu, sehingga meningkatkan wawasan dan prestasi
Setiap saat



e.    Layanan Konseling Perorangan
-  Memberikan layanan secara perorangan, langsung bertatap muka guna mengentaskan masalah yang dihadapi siswa, dibidang :
Kelas X,XI, XII
Membantu mengentaskan masalah yang dihadapi siswa secara perorangan
Sesuai kebutuhan




Ø  Pribadi







Ø  Sosial







Ø  Belajar







Ø  Karier






f.     Layanan Bimbingan kelompok
-  Membimbing siswa dalam kelompok kecil sebagai upaya untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang masalahnya yang bersifat umum dengan memanfaatkan dinamika kelompok. Materi yang dibahas dihimpun anggota kelompok dan disepakati untuk menentukan prioritas. Materi dimaksud meliputi :
Kelas X,XI, XII
Memberikan pemahaman kepada siswa agar siswa dapat membantu menjadi mandiri
Sesuai kebutuhan


No.
Kegiatan
Uraian
Sasaran
Tujuan
Waktu
Dana
Keterangan


Ø  Bidang Pribadi







Ø  Bidang Sosial







Ø  Bidang Belajar







Ø  Bidang Karier






g.    Layanan Konseling     Kelompok
-  Memberikan layanan kepada individu melalui kelompok
Kelas X,XI, XII
Membantu mengentaskan masalah yang dialami siswa melalui dinamika kelompok.
Sesuai kebutuhan




-  Masalah yang dibahas adalah masalah – masalah pribadi yang berkaitan dengan :







Ø  Bidang Pribadi







Ø  Bidang sosial







Ø  Bidang Belajar







Ø  Bidang Karier





3.
Kegiatan pendukung
a.    Aplikasi Instrumentasi 
-  Tes
Ø  Kecerdasan
Ø  Bakat
Ø  Minat
Kelas X, XI
Mengetahui dan memahami kecerdasan, bakat, minat serta kepribadian siswa sebagai bahan pertimbangan membantu masalah siswa dan mengoptimalkan belajar siswa.
Oktober / November




Ø  Kepribadian







-  Non Tes
Ø  Mengisi Buku Pribadi
Kelas X,XI, XII
Melengkapi data dan informasi yang diperlukan dalam rangka melayani siswa
Juli dst




Ø  Pedoman Observasi







Ø  Catatan Anekdot







Ø  Pedoman wawancara







Ø  Angket Type Kepribadian






b.   Himpunan Data
-  Data Pribadi :
Ø  Absensi kehadiran
Ø  Prestasi :
Kelas X,XI, XII
Menghimpun seluruh data yang diperoleh agar memudahkan pelaksanaan pelayanan terhadap siswa
Juli dst




-    Akademik







-    Non akademik







Ø  Hasil wawancara







Ø  Hasil Observasi







Ø  Tes Psikologi







Ø  Hasil Angket





No.
Kegiatan
Uraian
Sasaran
Tujuan
Waktu
Dana
Keterangan


Ø  Catatan Anekdot







Ø  Hasil DCM / AUM







Ø  Status Konseling / Lbr Konseling







Ø  Data Keluarga







Ø  NEM






c.    Kunjungan Rumah
Melaksanakan kunjungan ke rumah siswa untuk melengkapi data / informasi yang dibutuhkan dari berbagai pihak di rumah / lingkungan sebagai crossing data.
Kelas X,XI, XII
Memperoleh sejumlah data dan informasi yang berhubungan dengan masalah keluarga dan lingkungan tempat tinggal serta teman bergaul, agar lebih memahami siswa
Sesuai dengan kebutuhan



d.   Konferensi Kasus
Mengadakan pertemuan dengan fihak – fihak terkait dalam rangka memperoleh data / informasi yang diperlukan, terutama data yang berhubungan dengan keluarga dan kegiatan siswa yang akan dijadikan bahan pertimbangan mengatasi masalahnya.
Kelas X,XI, XII
- Mendapatkan konsensus dari pihak terkait / ahli dalam menafsirkan data yang cukup komprehensif dan pelik yang menyangkut diri siswa.
- Menetapkan cara terbaik dalam menangani kasus.
- Sebagai kegiatan awal dalam penetapan melaksanakan rujuan.
- Kerjasama dengan berbagai pihak dalam penanganan siswa.
Sesuai kebutuhan



e.    Alih Tangan Kasus
Melimpahkan penanganan siswa kepada pihak lain yang diperkirakan memiliki kemampuan yang relevan dengan permasalahan yang dihadapi siswa. Pelimpahan dapat dilakukan kepada :
Kelas X,XI, XII
Mendapatkan bantuan dari pihak lain dalam menangani kasus siswa
Sesuai kebutuhan




Ø  Semua Guru Pembimbing







Ø  Guru Bidang Studi







Ø  Wali Kelas







Ø  Wakil Kepala Sekolah







Ø  Kepala Sekolah





No.
Kegiatan
Uraian
Sasaran
Tujuan
Waktu
Dana
Keterangan


Ø  Psikolog







Ø  Psikiater







Ø  Dokter







Ø  RSKO







Ø  Dll





4.
Pengembangan
a.    Sistem dan Program
Mengembangkan program BK yang lebih sesuai dengan kebutuhan sekolah dan salingh menunjang dengan program secara keseluruhan
Program BK
Meningkatkan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah sehingga dapat membantu menciptakan suasana yang aman dan nyaman
April s.d Juni



b.   Pembinaan dan Pengembangan personil
-  Pertemuan staf BK untuk membahas materi dan keterampilan BK yang perlu dikuasai oleh guru pembimbing
GP
Meningkatkan ketrampilan guru pembimbing agar mampu melaksanakan bimbingan dan konseling di sekolah dengan terampil
Sesuai program




-  Mengundang nara sumber







-  Mengikuti penataran dan pelatihan BK yang diadakan oleh Depdikbud dan pertemuan MGP






c.    Pengembangan Sarana
Melengkapi sarana – sarana yang belum ada secara prioritas
Sarana
Menjamin kerahasiaan data siswa, meningkatkan gairah kerja dan mempermudah penggunaan data.
Sesuai kebutuhan


5.
Kerjasama Dengan
-  Lembaga Psikologi

-  Membantu mengungkapkan data psikologi
Sesuai jadwal



Instansi Terkait
-  Perguruan Tinggi

-  Mendapatkan data tentang PT
/ kebutuhan




-  RSKO

-  Membantu siswa yang terkena NAZA





-  Lembaga Pemerintah Swasta

-  Memperoleh informasi tentang dunia kerja secara langsung dan melihat langsung karakteristik pekerjaan



6.
Evaluasi
1.  Evaluasi Program

Mengetahui kekurangan dan kelebihan program yang disusun.
Sesuai kebutuhan




2.  Evaluasi pelaksanaan program

Mengetahui hambatan – hambatan dalam melaksanakan BK





3.  Evaluasi Hasil

Mengetahui keberhasilan program BK



No.
Kegiatan
Uraian
Sasaran
Tujuan
Waktu
Dana
Keterangan
7.
Analisis
1.  Analisis Program

Menganalisis kekurangan dan kelebihan program BK





2.  Analisis Pelaksanaan Progam

Menganalisis pelaksanaan program BK
Sesuai jadwal / kebutuhan




3.  Analisis Hasil

Menganalisis keberhasilan program BK



8.
Laporan
1.  Bulanan

Kepala sekolah / koordinator mengetahui kegiatan dalam kurun satu bulan
Setiap akhir bulan




2.  Semesteran

Kepala sekolah / koordinator mengetahui kegiatan dalam kurun satu semester
Setiap akhir semester




3.  Tahunan

Kepala sekolah / koordinator mengetahui kegiatan dalam kurun satu tahun
Setiap akhir tahun pel. (Juni s.d Juni)


9.
Tindak lanjut
Menindaklanjuti hasil analisis

Agar pelayanan yang diberikan dapat dituntaskan dan memperoleh hasil yang baik sesuai dengan harapan.



1 komentar:

  1. The Wynn Las Vegas Casino - JT Hub
    A Las 인천광역 출장안마 Vegas Strip luxury hotel and 경기도 출장샵 casino, The 진주 출장샵 Wynn Las Vegas is a high-rise building in Las 보령 출장샵 Vegas, Nevada, 여주 출장마사지 U.S.A.. View a detailed profile of the structure

    BalasHapus