| 
No. | 
Kegiatan | 
Uraian | 
Sasaran | 
Tujuan | 
Waktu | 
Dana | 
Keterangan | 
| 
1. | 
Persiapan | 
-  Penyusunan Personil BK | 
GP | 
Agar
  masing – masing personil mendapat tugas dalam melaksanakan Bimbingan dan
  Konseling secara merata | 
Juli  | ||
| 
- 
  Konsultasi Program | 
Kepala
  Sekolah  | 
Mengkonsultasikan program BK agar
  ada kesesuaian dengan program sekolah, saling menunjang dan terpenuhinya
  fasilitas ruang BK / administrasi BK | 
Juli  | ||||
| 
- 
  Penyusunan Program | 
Agar pelaksanaan pelayanan
  Bimbingan dan Konseling dapat terlaksana dengan baik, dapat dievaluasi dan
  ditindaklanjuti  | 
Juli  | |||||
| 
- 
  Sarana dan Prasarana | 
Kepala
  Sekolah | ||||||
| 
a. Ruang BK | 
Tertatanya ruang BK yang sesuai
  dengan kebutuhan dan kondisi sekolah | 
Juli / Agustus  | |||||
| 
b.Meja / Kursi kerja | 
Agar Guru Pembimbing dapat bekerja
  dengan baik | ||||||
| 
c. Lemari
  kayu  | 
Penyimpanan arsip – arsip BK dan
  administrasi guru pembimbing | ||||||
| 
d.Lemari format | 
Agar penyimpanan format – format
  yang diperlukan BK tersedia / tersimpan dengan baik | ||||||
| 
e. File | 
Penyimpanan data agar tersimpan
  dengan baik | ||||||
| 
f. Map
  Gantung  | 
Untuk menyimpan seluruh data
  pribadi suswa yang diperoleh melalui format – format yang sudah ada atau
  informasi akademik lainnya | ||||||
| 
g. Format –
  format | 
Untuk memudahkan pelaksanaan
  pelayanan bimbingan dan konseling dan menghimpun data dengan cepat | ||||||
| 
h.Buku – buku tentang BK | 
Untuk meningkatkan kemampuan dan
  keterampilan guru pembimbing  | ||||||
| 
i.  Gordyn +
  taplak meja + kipas angin  | 
Agar menambah gairah bekerja | ||||||
| 
j.  Perlengkapan
  inventarisasi dan visualisasi data  | 
Agar memudahkan melayani konseling
  dan permintaan laporan / hasil baik oleh staf sekolah, orang tua dan instansi
  terkait. | ||||||
| 
No. | 
Kegiatan | 
Uraian | 
Sasaran | 
Tujuan | 
Waktu | 
Dana | 
Keterangan | 
| 
2. | 
Pelaksanaan
  Layanan  
a.   
  Layanan | 
- 
  Orientasi Kepada siswa kelas 1 dan siswa pindahan
  meliputi : | 
Siswa
  kelas X | 
Agar siswa lebih mudah
  menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru, sehingga tercipta minat
  belajar yang tinggi. | |||
| 
Orientasi | 
- Program BK | ||||||
| 
- Kurikulum SMA | |||||||
| 
- Kegiatan Ekstra Kurikuler  | |||||||
| 
- Tata tertib | |||||||
| 
- Lingkungan Sekolah  | |||||||
| 
- 
  Orientasi Kepada siswa kelas 1, 2 dan 3 meliputi :
  hak dan kewajiban siswa  | 
Siswa
  kelas X,XI, XII | 
Terciptanya kondisi belajar yang
  optimal, dengan adanya kemampuan siswa menyesuaikan diri dengan sekolah
  sebagai pusat belajar.  | 
Juli / Agustus  | ||||
| 
b.  
  Layanan Informasi  | 
- 
  Informasi Kehidupan Beragama. | 
Kelas X,
  XI | 
Memberikan pemahaman kepada siswa
  tentang keagamaan agar meningkatkan iman dan taqwa. | 
Oktober / Desember | |||
| 
- 
  Informasi Hidup Sehat  | 
Kelas X | 
Memberikan pemahaman tentang hidup
  sehat, sehingga siswa dapat merencanakan dan melaksanakan hidup sehat  | 
Agustus  | ||||
| 
- 
  Informasi pertumbuhan dan perkembangan remaja | 
Kelas XI | 
Agar siswa memahami pertumbuhan
  dan perkembangan remaja serta memahami tugas – tugas perkembangan  | 
Agustus / September  | ||||
| 
- 
  Informasi Tatatertib Sekolah | 
Kelas X,
  XI, XII | 
Siswa diharapkan dapat mengikuti
  tatatertib dengan sukarela. | 
Agustus  | ||||
| 
- 
  Informasi Tatatertib Sekolah dan sekitarnya | 
Kelas X,
  XI  | 
Siswa memahami lingkungannya dan
  dapat memanfaatkannya untuk kepentingan masa depannya / menghindari ha
  negatif. | |||||
| 
- 
  Informasi Kehidupan Sosial dan budaya  | 
Kelas X,XI,
  XII | 
Siswa memahami arti kehidupan
  sosial, pegaulan dan pentingnya hidup berbudaya | 
 Desember / Januari  | ||||
| 
- 
  Informasi cara belajar yang selektif dalam mencapai
  prestasi yang optimal  | 
Kelas X,XI,
  XII | 
Diharapkan siswa dapat menggunakan
  strategi belajar yang efektif, sehingga memperoleh hasil yang optimal. | 
November / Desember  | ||||
| 
- 
  Informasi pendidikan di SMA Penjurusan dan studi
  lanjut di Perguruan Tinggi  | 
Kelas X,XI,
  XII | 
Siswa memahami kurikulum SMA
  program studi dan studi lanjut yang perlu direncanakan demi masa depan dan
  cita – citanya. | 
Agustus s.d Mei  | ||||
| 
- 
  Informasi Dunia Kerja | 
Kelas XII | 
Memberikan wawasan tentang dunia
  kerja yang ada, agar siwa dapat menentukan pilihan untuk kariernya kelak. | 
Agustus s.d Mei  | ||||
| 
No. | 
Kegiatan | 
Uraian | 
Sasaran | 
Tujuan | 
Waktu | 
Dana | 
Keterangan | 
| 
c.   
  Layanan Penempatan dan penyaluran  | 
- 
  Penempatan siswa dalam kelas. 
- 
  Penempatan dan | 
Kelas X,XI, XII | 
Menempatkan siswa dalam kelas  
Memberikan wawasan tentang cara –
  cara | 
Juli  
September | |||
| 
pengelompokan
  siswa dalam kelompok belajar. | 
Kelas X,XI, XII | 
membentuk kelompok belajar
  dinamis. | |||||
| 
- 
  Penempatan dan pemilihan kegiatan ekstra kurikuler | 
Kelas 1 | 
Membantu siswa agar dapat memilih
  salah satu program ekstra kurikuler yang sesuai  | 
Agustus
  dst  | ||||
| 
- 
  Penyaluran bakat dan minat  | 
Kelas 1,2  | 
Membantu siswa untuk mengembangkan
  bakat dan minatnya  | 
Agustus
  dst  | ||||
| 
- 
  Penempatan dalam program studi  | 
Kelas 2 | 
Membantu siswa dalam pemilihan
  program studi agar sesuai dengan pribadinya  | 
Mei  | ||||
| 
d.   
  Layanan Pembelajaran  | 
- 
  Pengenalan masalah belajar yang dihadapi siswa  | 
Kelas X,XI, XII | 
Agar dapat memberikan pelayanan
  yang memadai bagi siswa yang bermasalah dalam belajar  | 
September
  dst | |||
| 
- 
  Peningkatan keterampilan teknik belajar  | 
Kelas X,XI, XII | 
Agar prestasi siswa meningkat
  dengan baik | 
Setiap
  saat  | ||||
| 
- 
  Pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik  | 
Kelas X,XI, XII | 
Siswa memiliki etos belajar,
  disiplin dan pemanfaatan waktu luang. | 
Februari /
  Maret  | ||||
| 
- 
  Program belajar tambahan / pengayaan  | 
Kelas X,XI, XII | 
Agar siswa memiliki budaya butuh
  ilmu, sehingga meningkatkan wawasan dan prestasi  | 
Setiap
  saat  | ||||
| 
e.   
  Layanan Konseling Perorangan  | 
- 
  Memberikan layanan secara perorangan, langsung
  bertatap muka guna mengentaskan masalah yang dihadapi siswa, dibidang : | 
Kelas X,XI, XII | 
Membantu mengentaskan masalah yang
  dihadapi siswa secara perorangan  | 
Sesuai
  kebutuhan  | |||
| 
Ø 
  Pribadi  | |||||||
| 
Ø 
  Sosial | |||||||
| 
Ø 
  Belajar  | |||||||
| 
Ø 
  Karier  | |||||||
| 
f.    
  Layanan Bimbingan kelompok  | 
- 
  Membimbing siswa dalam kelompok kecil sebagai upaya
  untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang masalahnya yang bersifat umum
  dengan memanfaatkan dinamika kelompok. Materi yang dibahas dihimpun anggota
  kelompok dan disepakati untuk menentukan prioritas. Materi dimaksud meliputi
  :  | 
Kelas X,XI, XII | 
Memberikan
  pemahaman kepada siswa agar siswa dapat membantu menjadi mandiri  | 
Sesuai kebutuhan  | |||
| 
No. | 
Kegiatan | 
Uraian | 
Sasaran | 
Tujuan | 
Waktu | 
Dana | 
Keterangan | 
| 
Ø 
  Bidang Pribadi  | |||||||
| 
Ø 
  Bidang Sosial | |||||||
| 
Ø 
  Bidang Belajar  | |||||||
| 
Ø 
  Bidang Karier  | |||||||
| 
g.   
  Layanan Konseling    
  Kelompok | 
- 
  Memberikan layanan kepada individu melalui kelompok  | 
Kelas X,XI, XII | 
Membantu
  mengentaskan masalah yang dialami siswa melalui dinamika kelompok. | 
Sesuai kebutuhan  | |||
| 
- 
  Masalah yang dibahas adalah masalah – masalah pribadi
  yang berkaitan dengan :  | |||||||
| 
Ø 
  Bidang Pribadi  | |||||||
| 
Ø 
  Bidang sosial | |||||||
| 
Ø 
  Bidang Belajar  | |||||||
| 
Ø 
  Bidang Karier  | |||||||
| 
3. | 
Kegiatan pendukung 
a.    Aplikasi
  Instrumentasi   | 
- 
  Tes  
Ø 
  Kecerdasan 
Ø 
  Bakat 
Ø 
  Minat  | 
Kelas X, XI  | 
Mengetahui
  dan memahami kecerdasan, bakat, minat serta kepribadian siswa sebagai bahan
  pertimbangan membantu masalah siswa dan mengoptimalkan belajar siswa. | 
Oktober / November  | ||
| 
Ø 
  Kepribadian  | |||||||
| 
- 
  Non Tes  
Ø 
  Mengisi Buku Pribadi  | 
Kelas X,XI, XII | 
Melengkapi
  data dan informasi yang diperlukan dalam rangka melayani siswa  | 
Juli dst  | ||||
| 
Ø 
  Pedoman Observasi  | |||||||
| 
Ø 
  Catatan Anekdot  | |||||||
| 
Ø 
  Pedoman wawancara  | |||||||
| 
Ø 
  Angket Type Kepribadian  | |||||||
| 
b.   Himpunan Data  | 
- 
  Data Pribadi :  
Ø 
  Absensi kehadiran  
Ø 
  Prestasi : | 
Kelas X,XI, XII | 
Menghimpun
  seluruh data yang diperoleh agar memudahkan pelaksanaan pelayanan terhadap
  siswa  | 
Juli dst  | |||
| 
-   
  Akademik | |||||||
| 
-   
  Non akademik  | |||||||
| 
Ø 
  Hasil wawancara  | |||||||
| 
Ø 
  Hasil Observasi  | |||||||
| 
Ø 
  Tes Psikologi  | |||||||
| 
Ø 
  Hasil Angket  | |||||||
| 
No. | 
Kegiatan | 
Uraian | 
Sasaran | 
Tujuan | 
Waktu | 
Dana | 
Keterangan | 
| 
Ø 
  Catatan Anekdot  | |||||||
| 
Ø 
  Hasil DCM / AUM | |||||||
| 
Ø 
  Status Konseling / Lbr Konseling  | |||||||
| 
Ø 
  Data Keluarga | |||||||
| 
Ø 
  NEM | |||||||
| 
c.    Kunjungan Rumah  | 
Melaksanakan
  kunjungan ke rumah siswa untuk melengkapi data / informasi yang dibutuhkan
  dari berbagai pihak di rumah / lingkungan sebagai crossing data. | 
Kelas X,XI, XII | 
Memperoleh
  sejumlah data dan informasi yang berhubungan dengan masalah keluarga dan
  lingkungan tempat tinggal serta teman bergaul, agar lebih memahami siswa | 
Sesuai dengan kebutuhan  | |||
| 
d.   Konferensi Kasus  | 
Mengadakan pertemuan dengan fihak – fihak terkait
  dalam rangka memperoleh data / informasi yang diperlukan, terutama data yang
  berhubungan dengan keluarga dan kegiatan siswa yang akan dijadikan bahan
  pertimbangan mengatasi masalahnya. | 
Kelas X,XI, XII | 
- Mendapatkan konsensus dari
  pihak terkait / ahli dalam menafsirkan data yang cukup komprehensif dan pelik
  yang menyangkut diri siswa. 
- Menetapkan cara terbaik
  dalam menangani kasus. 
- Sebagai kegiatan awal
  dalam penetapan melaksanakan rujuan. 
- Kerjasama dengan berbagai
  pihak dalam penanganan siswa. | 
Sesuai kebutuhan  | |||
| 
e.    Alih Tangan Kasus  | 
Melimpahkan penanganan siswa kepada pihak lain
  yang diperkirakan memiliki kemampuan yang relevan dengan permasalahan yang
  dihadapi siswa. Pelimpahan dapat dilakukan kepada : | 
Kelas X,XI, XII | 
Mendapatkan
  bantuan dari pihak lain dalam menangani kasus siswa  | 
Sesuai kebutuhan  | |||
| 
Ø 
  Semua Guru Pembimbing  | |||||||
| 
Ø 
  Guru Bidang Studi  | |||||||
| 
Ø 
  Wali Kelas | |||||||
| 
Ø 
  Wakil Kepala Sekolah | |||||||
| 
Ø 
  Kepala Sekolah | |||||||
| 
No. | 
Kegiatan | 
Uraian | 
Sasaran | 
Tujuan | 
Waktu | 
Dana | 
Keterangan | 
| 
Ø 
  Psikolog | |||||||
| 
Ø 
  Psikiater  | |||||||
| 
Ø 
  Dokter  | |||||||
| 
Ø 
  RSKO  | |||||||
| 
Ø 
  Dll | |||||||
| 
4. | 
Pengembangan  
a.    Sistem dan Program  | 
Mengembangkan program BK yang lebih sesuai dengan
  kebutuhan sekolah dan salingh menunjang dengan program secara keseluruhan  | 
Program BK | 
Meningkatkan
  pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah sehingga dapat membantu
  menciptakan suasana yang aman dan nyaman  | 
April s.d Juni  | ||
| 
b.   Pembinaan dan Pengembangan
  personil | 
-  Pertemuan staf BK untuk
  membahas materi dan keterampilan BK yang perlu dikuasai oleh guru pembimbing  | 
GP | 
Meningkatkan
  ketrampilan guru pembimbing agar mampu melaksanakan bimbingan dan konseling
  di sekolah dengan terampil | 
Sesuai program  | |||
| 
-  Mengundang nara sumber | |||||||
| 
-  Mengikuti penataran dan
  pelatihan BK yang diadakan oleh Depdikbud dan pertemuan MGP | |||||||
| 
c.    Pengembangan Sarana  | 
Melengkapi sarana – sarana yang belum ada secara
  prioritas  | 
Sarana  | 
Menjamin
  kerahasiaan data siswa, meningkatkan gairah kerja dan mempermudah penggunaan
  data. | 
Sesuai kebutuhan  | |||
| 
5. | 
Kerjasama Dengan  | 
-  Lembaga Psikologi  | 
-  Membantu mengungkapkan
  data psikologi  | 
Sesuai jadwal  | |||
| 
Instansi Terkait | 
-  Perguruan Tinggi | 
-  Mendapatkan data tentang
  PT  | 
/ kebutuhan | ||||
| 
-  RSKO | 
-  Membantu siswa yang
  terkena NAZA | ||||||
| 
-  Lembaga Pemerintah Swasta | 
-  Memperoleh informasi
  tentang dunia kerja secara langsung dan melihat langsung karakteristik
  pekerjaan  | ||||||
| 
6. | 
Evaluasi  | 
1.  Evaluasi Program | 
Mengetahui
  kekurangan dan kelebihan program yang disusun. | 
Sesuai kebutuhan  | |||
| 
2.  Evaluasi pelaksanaan
  program  | 
Mengetahui
  hambatan – hambatan dalam melaksanakan BK  | ||||||
| 
3.  Evaluasi Hasil  | 
Mengetahui
  keberhasilan program BK | ||||||
| 
No. | 
Kegiatan | 
Uraian | 
Sasaran | 
Tujuan | 
Waktu | 
Dana | 
Keterangan | 
| 
7. | 
Analisis | 
1.  Analisis Program | 
Menganalisis
  kekurangan dan kelebihan program BK | ||||
| 
2.  Analisis Pelaksanaan
  Progam  | 
Menganalisis
  pelaksanaan program BK | 
Sesuai
  jadwal / kebutuhan  | |||||
| 
3.  Analisis Hasil  | 
Menganalisis
  keberhasilan program BK  | ||||||
| 
8. | 
Laporan  | 
1.  Bulanan  | 
Kepala
  sekolah / koordinator mengetahui kegiatan dalam kurun satu bulan  | 
Setiap
  akhir bulan  | |||
| 
2.  Semesteran  | 
Kepala
  sekolah / koordinator mengetahui kegiatan dalam kurun satu semester  | 
Setiap
  akhir semester  | |||||
| 
3.  Tahunan  | 
Kepala
  sekolah / koordinator mengetahui kegiatan dalam kurun satu tahun  | 
Setiap
  akhir tahun pel. (Juni s.d Juni) | |||||
| 
9. | 
Tindak lanjut | 
Menindaklanjuti
  hasil analisis | 
Agar
  pelayanan yang diberikan dapat dituntaskan dan memperoleh hasil yang baik
  sesuai dengan harapan. | 
Jumat, 13 Januari 2012
CONTOH URAIAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
 
The Wynn Las Vegas Casino - JT Hub
BalasHapusA Las 인천광역 출장안마 Vegas Strip luxury hotel and 경기도 출장샵 casino, The 진주 출장샵 Wynn Las Vegas is a high-rise building in Las 보령 출장샵 Vegas, Nevada, 여주 출장마사지 U.S.A.. View a detailed profile of the structure